Selasa, 02 April 2013

Mamihlapinatapei


Bahasa Yaghan .

Banyak pemaknaan tentang simbol dan kosakata di setiap bahasa di dunia . dan cuma Chili  Negara yang nerapin bahasa Yaghan, bahasa yang bermuara dari suku nomaden yang tinggal di pulau Isla Grande de Tierra del Fuego ini cenderung memiliki diksi yang sangat implisit. 

yap, Mamihlapinatapei salah satunya.
pemaknaan simbolis kata tersebut bahkan sangat sulit dimengerti dan salah satu  kata terpadat menurut The Guiness Book of World Record .
"Pandangan antara dua orang, masing-masing berharap lawan pandangnya akan menawarkan sesuatu yang mereka inginkan, namun tidak ingin melakukannya sendirian"  -Wikipedia

Gue hanya membayangkan bahwa sebuah kata memiliki pendalaman yang kadang sangat jauh dari apa yang kita duga, kata merupakan hal magis yang sangat dapat diterima kepastian dan ketidakpastiannya. dan selalu berpangkal dari pemikiran manusia akan hal yang sulit untuk diungkapkan.

Berkisar dari falsafah hidup manusia yang selalu berdiri dari keniscayaan manusia sebagai mahluk yang memiliki kehausan akan Ego dalam dirinya yang selalu berkeinginan, mencoba , dan berkhayal.  Mamihlapinatapei juga mengartikan ketidakmampuan manusia terhadap deras arah arus kehidupan yang mereka lawan dan selalu menginginkan  hal yang berasaskan ketidakpastian dan ke-fana-an dalam benak mereka.dan manusia hanya bisa bersedih dan menangis ketika luka dan ketidak adilan dunia yang mereka rasakan berbenturan dengan ketidakmampuan mereka .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar